GOLEK SURAT CEPET DENGAN KARTU MLINJON CEPAT
Kategori Inovasi:
Peringkat 1 : Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa
Dengan jumlah penduduk Desa Mlinjon di kisaran 8.000 dan database penduduk saat ini sudah semakin baik, maka perlu dilakukan inovasi agar dalam pelayanan surat dan adminstrasi kependudukan yang lain menjadi lebih cepat. Keperluan administrasi penduduk yang semakin meningkat memerlukan upaya dari pelayan masyarakat agar mutu layanan semakin prima. Setelah ada inovasi ini masyarakat mendapatkan pelayanan sangat cepat, jauh berbeda dengan sebelum inovasi ini diterapkan.
Karena itulah inovasi desa yang diberi nama “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” ini oleh pemerintah Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh, dianggap menjadi solusi bagi pelayanan yang lebih baik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Ini diharapkan menjadi bentuk penyelenggaraan pelayanan publik berupa terobosan perbaikan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik desa.
Masalah utama di Desa yang mendesak untuk diselesaikan adalah banyaknya penduduk yang memerlukan pelayanan publik di desa dengan berbagai macam keperluan dan menginginkan pelayanan yang cepat dan tepat. Keadaan sebelum Inovasi ini diterapkan, dalam pelayanan memerlukan waktu yang lama dalam urusan administrasi. Manfaat inovasi ini menyasar kepada seluruh masyarakat Desa Mlinjon yang telah mempunyai NIK dan terdaftar dalam database desa.
Inovasi Kartu Mlinjon Cepat dianggap mampu memecahkan masalah atau memanfaatkan keunggulan desa. Sebelum ada inovasi ini pelayanan ini diterapkan masyarakat memerlukan waktu yang lama karena harus mengisi biodata penduduk secara manual. Pendekatan baru yang dilakukan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan memanfaatkan NIK yang sudah dikonversi ke barcode dari database penduduk untuk mengisi form pelayanan secara otomatis sehingga pengisian form bisa sangat cepat dan tepat. Tujuan utama inovasi adalah masyarakat merasa puas dengan pelayanan di desa dengan cepatnya proses pelayanan.
TEROBOSAN INOVATIF DAN KREATIF
Dalam hal apa terobosan Kartu Mlinjon Cepat di Desa Mlinjo ini dinilai kreatif dan inovatif? Inovasi ini merupakan adopsi dari pelayanan kasir di toko swalayan yang memanfaatkan barcode pada barang yang dibeli oleh konsumen untuk menghitung jumlah yang harus dibayar. Inovasi Pelayanan ini dinilai kreatif dan inovatif karena memanfaatkan Kartu Mlinjon Cepat yang memuat NIK yang sudah dikonversi menjadi barcode untuk mempercepat pelayanan sehingga petugas tidak perlu mengisi biodata penduduk yang mencari pelayanan.
Seluruh penduduk ber-NIK mendapatkan kartu tersebut, sehingga menjangkau seluruh warga. Aplikasi yang dibuat sangat sederhana sehingga dapat dengan cepat mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat. Aktor desa yang terlibat dalam proses ini adalah perangkat desa dan ketua RT yang ikut memvalidasi database. Manfaat yang dirasakan sehingga dikatakan kreatif dan inovatif adalah masyarakat merasa pelayanan di desa bisa sangat cepat.
Indikator inovatif bisa dilihat ketika banyak yang bertanya, misalnya: “Ini kartu apa, kok selama hidup baru ada saat ini? Kok masyarakat di beri Kartu Mlinjon Cepat ini untuk apa?” Dari pertanyaan ini jelas menandakan ini barang baru yang belum pernah terpikir oleh yang lain.
PELAKSANAAN
Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan inovasi pelayanan desa ini dapat dilihat daro langkah-langkah utama (kronologi) pelaksanaan inovasi sebagai berikut:
Adapun pihak-pihak yang turut berkontribusi dalam Inovasi Pelayanan Berbasis NIK Dengan Kartu Mlinjon Cepat ini, antara lain:
Untuk mewujudkan inovasi ini, sumber daya yang digunakan dan dimobilisasi, antara lain:
Cara agar sumberdaya tersebut bisa dimobilisasi guna mendorong keberlanjutan Inovasi Pelayanan Berbasis NIK Dengan Kartu Mlinjon Cepat adalah meminimalisir anggaran pencetakan kartu dan terus mengembangkan kemampuan operator mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat.
MANFAAT YANG DICAPAI
Iovasi pelayanan dengan memanfaatkan teknologi komputer tersebut amat dirasakan manfaatnya oleh warga desa Mlinjon. Beberapa manfaat yang paling nyata, antara lain:
Proses pemantauan dan evaluasi perkembangan Inovasi Pelayanan Berbasis NIK Dengan Kartu Mlinjon Cepat adalah sebagai berikut: Kepala Desa menugaskan tim pelayanan memastikan masyarakat menggunakan Kartu Mlinjon Cepat dalam proses pelayanan administrasi di desa dan melaporkan atau menginformasikan kepada Kepala Desa. Instrumen atau alat bantu yang digunakan untuk pemantauan dan evaluasi adalah laporan tim kepada Kepala Desa tentang perkembangan pelaksanan Pelayanan.
Tentu saja ada kendala yang dihadapi. Permasalahan dalam Inovasi “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” adalah adanya penduduk baru lahir yang mengurus Data Kependudukan, setelah memperoleh NIK tidak segera lapor ke desa, sehingga belum bisa dicetakkan Kartu Mlinjon Cepat. Cara mengatasinya adalah menghimbau yang bersangkutan untuk segera melaporkan NIK anaknya.
Masalah lain adalah bahwa masyarakat yang mencari pelayanan lupa tidak membawa Kartu Mlinjon Cepat atau Kartunya hilang sehingga memperlambat pelayanan. Cara mengatasinya adalah dilayani oleh petugas khusus sehingga tidak menggangu antrian penduduk yang lain.
Contoh konkrit yang dirasakan masyarakat setelah Inovasi “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat”:
Manfaat benar-benar dapat dirasakan dengan membandingkan kondisi antara sebelum dan sesudah diterapkannya inovasi desa Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” ini. Dulu, sebelum inovasi itu diterapkan pelayanan administrasi sangat lama karena operator atau petugas pelayanan masyarakat harus menuliskan secara manual seluruh biodata penduduk dalam form surat atau pelayanan administrasi lain. Selain itu, akurasi penulisan biodata belum bisa 100% sama karena harus ditulis manual. Database kependudukan tidak digunakan untuk pelayanan.
Setelah inovasi “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” ada perubahan yang dirasakan, misalnya adalah cepatnya pelayanan administrasi, bahkan tidak sampai 1 menit untuk pelayanan tertentu seperti KTP atau keterangan warga kurang mampu/miskin. Inovasi itu juga membuat akurasi penulisan biodata bisa 100% sama dengan database karena dilakukan secara otomatis oleh sistem. Database kependudukan dapat dipergunakan lebih maksimal dan diperbaharui sesuai kondisi terkini masyarakat.
TINDAKLANJUT DAN PENGEMBANGAN
Sebagai suatu bentuk terobosan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, program “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” dapat direplikasi (diadopsi) di desa lain. Tentunya, supaya inovasi itu dapat direplikasi, perlu diperhatikan hal-hal berikut :
Untuk bisa mengoptimalkan terobosan inovatif “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” dan agar terus dijalankan hingga menghasilkan manfaat yang lebih baik, perlu dukungan agar inovasi itu bisa berjalan dengan baik. Dukungan yang diperlukan, antara lain:
Saat ini belum ada replikasi inovasi “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” secara massif di desa atau tempat lainnya tetapi beberapa desa sudah mencoba komunikasi untuk replikasi program ini. Pembelajaran berharga yang dapat dipetik dari penerapan inovasi “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat”, antara lain:
Kunci sukses dari inovasi “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” yang diperlukan bagi keberhasilan inovasi ini, antara lain:
Inovasi “Golek Surat Cepet dengan Kartu Mlinjon Cepat” dapat mengubah pola pikir bagi perangkat desa, inovasi ini menguatkan niat untuk semakin bersungguh-sungguh melayani masyarakat dengan baik, sementara masyarakat juga berpikir bahwa pemerintah desa ternyata juga telah berupaya maksimal melakukan terobosan agar pelayanan semakin mudah dan cepat. []